Kegiatan

PEMBINAAN PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Kegiatan pembinaan perpustakaan sekolah adalah rangkaian upaya untuk meningkatkan fungsi dan manfaat perpustakaan di lingkungan sekolah. Ini termasuk pengelolaan koleksi buku, pengembangan program literasi, promosi membaca, pelatihan pengguna, dan pemeliharaan fasilitas perpustakaan. Tujuannya adalah mendorong minat baca, peningkatan literasi, dan pengembangan pengetahuan serta keterampilan siswa, sehingga perpustakaan dapat menjadi sumber pengetahuan yang efektif dan menyenangkan di sekolah.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pasuruan rutin menyelenggarakan pembinaan petugas perpustakaan sekolah. Ini melibatkan pengelola perpustakaan seluruh tingkat satuan pendidikan sekolah dasar / sederajat sejumlah 91 sekolah, dan 40 Sekolah Menengah Pertama/ sederajat. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memberikan wadah bagi pengelola perpustakaan sekolah, untuk berinteraksi dengan pengelola dari sekolah lain. Dengan begitu diharapkan ada transfer informasi yang terjadi sehingga akan menambah wawasan dan pengetahuan tenang bagaimana mengelola perpustakaan sekolah dengan baik.

Pada tahun 2023 ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pasuruan telah menyelenggarakan pembinaan petugas pengelola perpustakaan Sekolah Dasar pada tanggal 9 Maret 2023. Adapun materi pada kegiatan tersebut adalah tentang relaksasi akreditasi perpustakaan sekolah. Materi disampaikan oleh Pustakawan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, yakni ibu Luwitaningsari. Relaksasi akreditasi adalah program pemberian akreditasi gratis dari Perpustakaan Nasional dalam rangka percepatan pendataan perpustakaan tingkat nasional. Relaksasi ini diajukan pihak sekolah melalui rekomendasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah yang kemudian diteruskan aksesnya kepada Perpustakaan Nasional.

Kemudian pada 11 Oktober 2023 telah diadakan pula kegiatan pembinaan pengelola perpustakaan SMP/ sederajat dengan materi tentang penjabaran komponen akreditasi perpustakaan sekolah. Hal ini dilakukan sebagai modal awal dalam lomba perpustakaan SMP se-Kota Pasuruan yang diadakan satu bulan setelahnya. Pembinaan ini dihadiri oleh 35 perwakilan Sekolah Menengah, dan diadakan di gedung serbaguna Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pasuruan. Materi tentang penjabaran komponen perpustkaan ini disampaikan oleh pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pasuruan Bapak Edy Susanto. Selama penjabaran tersebut, masih cukup banyak hal yang belum dipahami betul oleh pengelola perpustakaan sekolah.ย  Seperti halnya istilah dalam Organisasi Perpustakaan (Organisasi/ Struktur), Gedung/ Ruang Perpustakaan, Perabot dan Perlengkapan, Anggaran Perpustakaan, Tenaga Pengelola Perpustakaan, Koleksi Perpustakaan ( tercetak dan elektronik ), Layanan, Kerjasama dan Promosi Perpustakaan, Program dan kegiatan Perpustakaan, serta Komponen Penguat lain. Bisa dikatakan istilah โ€“ istilah dalam komponen tersebut masih asing di kalangan pengelola perpustakaan. Namun setelah pembinaan ini, sebagian besar materi yang disampaikan dapat dimengerti dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sekolah yang mengirimkan berkas instrumen perpustakaannya untuk diikutkan dalam lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP/ sederajat.

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button