Jalan-Jalan di Perpustakaan

Riuh gembira anak-anak terdengar di beranda Perpustakaan Umum Kota Pasuruan. Terlihat anak-anak usia taman kanak-kanak (TK) telah berbaris rapi, total 94 anak bersiap untuk melakukan kunjungan ke perpustakaan pada Senin, 6 Juni 2022. Kunjungan oleh TKIT Bina Insan Cendekia dimulai sejak pagi hari saat perpustakaan baru dibuka. Bahkan bukan sehari saja kunjungan dilakukan, direncanakan akan dilaksanakan selama empat hari, dengan jumlah anak yang bervariasi. Kunjungan ini juga memperlihatkan salah satu fungsi dari perpustakaan, yaitu fungsi rekreasi.
Kunjungan dibuka oleh kepala dinas dan kepala bidang perpustakaan Dispusip Kota Pasuruan. Anak-anak kemudian mulai tour keliling area perpustakaan dipimpin oleh Umi Habibah seorang staf ruang baca anak. Dengan berbaris rapi sambil bernyayi mereka mulai masuk area ruang baca dewasa, kemudian taman perpustakaan dan tujuan akhir ruang baca anak. Diruang baca anak ini mereka memulai kegiatan inti. Secara kebetulan, ruang baca anak ini baru saja dibuka, yang mana sebelumnya dapat dikunjungi secara terbatas karena alasan pandemi. Kini ruang baca anak telah dilengkapi dengan banyak boneka, permainan anak, dan karpet agar anak-anak merasa nyaman di perpustakaan.
Kegiatan inti dipandu oleh Yati seorang pegiat literasi yang berasal dari Komunitas Rumah Baca Vanelia. Anak-anak diberikan edukasi mengenai perpustakaan dari cara meminjam buku hingga, cara memperlakukan buku dengan baik. Selain itu kegiatan lainnya yaitu fun games dari mulai bernyanyi, berjoget, dan bersorak gembira bersama dilakukan di kegiatan kali ini. Ditambah untuk membangun suasana yang menyenangkan, terdapat dua badut lucu yang membuat anak-anak lebih antusias mengikuti jalannya kegiatan. Meskipun dilaksanakan selama dua jam, terlihat anak-anak masih belum ingin mengakhiri acara, terlihat mereka masih ingin beraktivitas di perpustakaan.

About Admin

Check Also

Dispusip Blusukan Lagi

Menurunnya angka penularan covid-19 membuat sekolah secara tatap muka diizinkan kembali. Hal ini menjadi berita …