Kegiatan

Pembinaan Pengolahan Perpustakaan Sekolah Dasar/MI Negeri Dan Swasta Tahun 2024

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan literasi di Kota Pasuruan, Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Pasuruan menyelenggarakan kegiatan pembinaan pengolahan perpustakaan Sekolah Dasar Se-Kota Pasuruan pada hari Jumat, 10 mei 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memastiakan pengolahan perpustakaan yang efektif dan memenuhi standar nasional.

Tema kegiatan pembinaan pengolahan Perpustakaan Sekolah Dasar Se-Kota Pasuruan pada tahun ini adalah Nomor Pokok Perpustakaan (NPP). Narasumber dalam kegiatan ini adalah Nurul Fadailah, Se., pustakawan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Dalam Sambutannya beliau menyampaikan tentang pentingnya perpustakaan sekolah untuk terdata dalam Nomor Pokok Perpustakaan. Hal ini karena dengan Nomor Pokok Perpustakaan dapat memudahkan Perpustakaan Nasional dalam melakukan pendataan, monitoring evaluasi, identifikasi perpustakaan, serta memudahkan dalam pengambilan kebijakan perpustakaan seperti pengelolaan koleksi buku, teknologi informasi, perpustakaan juga sering kali mencakup standar pelayanan, pemeliharaan fasilitas, dan alokasi anggaran untuk memastikan perpustakaan berfungsi efektif sesuai dengan kebutuhan penggunaanya.

Kegiatan yang berlangsung di ruang baca dewasa ini disambut antusias oleh peserta pembinaan karena merupakan hal baru yang masih belum banyak diketahui. Pembinaan kali ini adalah lanjutan dari beberapa kegiatan penbinaan sebelumnya dengan tema pengelolaan perpustakaan, manajemen koleksi perpustakaan, layanan kepada pengguna, dan pemeliharaan bahan perpustakaan untuk memastikan operasional perpustakaan berjalan dengan baik.

Di akhir sesi, disampaikan juga sedikit penjelasan tentang terbaru Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pasuruan yakni Pusat Katalog Induk Terintegrasi (PUKIS).

Pembukaan kegiatan Pembinaan Perpustakaan tingkat Sekolah Dasar di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pasuruan (foto:dok. Bidang Perpustakaan)

Pukis adalah sistem otomatis perpustakaan yang digunakan untuk menampung daftar katalog bibliografi bahan pustaka yang ada di perpustakaan sekolah, perpustakaan khusus dan perpustakaan instansi/ lembaga di Kota Pasuruan. Kedepannya diharapkan PUKIS dapat menjadi wadah yang mampu mengintegrasikan perpustakaan-perpustakaan lain di Kota Pasuruan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button